هَمْزَتَا الْوَصْلِ
وَالْقَطْعِ
(Hamzah
Washal dan Hamzah Qatha’)
A.
PENGERTIAN HAMZAH WASHAL
Hamzah Washal berupa Hamzah secara pengucapan dan berupa Alif secara tulisan. Diucapkan ketika menjadi permulaan saja. dan gugur ketika berada pada tengah-tengah penuturan kalimat, sekiranya didahului oleh satu huruf atau satu kalimah.
Hamzah Washal
adalah Hamzah zaidah berfungsi sebagai perantara atau
penyambung kepada pengucapan huruf mati atau sukun yang berada
setelahnya. Hamzah Washal terdapat pada kalimah fi’il, kalimah isim maupun kalimah huruf.
Hamzah wasal
terdapat pada kalimah yang menunjukkan :
1) Isim ma'rifa ( اسم المعرفة ) = kata nama khas
2) Isim mausul ( اسم الموصول ) = contoh الذي atau التي
3) Fi'il amar (فعل الأمر ) = suruhan / perintah
4) Fi'il dan/atau masdar( فعل atau مصدر ) = kata kerja atau terbitan kata kerja (untuk fi'il madhi saja )
1) Isim ma'rifa ( اسم المعرفة ) = kata nama khas
2) Isim mausul ( اسم الموصول ) = contoh الذي atau التي
3) Fi'il amar (فعل الأمر ) = suruhan / perintah
4) Fi'il dan/atau masdar( فعل atau مصدر ) = kata kerja atau terbitan kata kerja (untuk fi'il madhi saja )
CARA BACAAN
HAMZAH WASAL
1) BARIS ATAS
Hamzah wasal dibaca baris atas ketika mula bacaan jika perkataan merupakan isim ma'rifah ( ال ) atau isim mausul ( الذي atau التي ).
1) BARIS ATAS
Hamzah wasal dibaca baris atas ketika mula bacaan jika perkataan merupakan isim ma'rifah ( ال ) atau isim mausul ( الذي atau التي ).
Contohnya: الرحمن atau الرحيم atau الحمد atau الذي
2) BARIS BAWAH
Hamzah wasal dibaca baris bawah ketika mula bacaan jika perkataan merupakan fi'il dan huruf ketiga berbaris atas atau bawah, dan sekiranya perkataan merupakan terbitan kata kerja yang lalu.
2) BARIS BAWAH
Hamzah wasal dibaca baris bawah ketika mula bacaan jika perkataan merupakan fi'il dan huruf ketiga berbaris atas atau bawah, dan sekiranya perkataan merupakan terbitan kata kerja yang lalu.
Contohnya:
إِرجع atau إِدفع atau اِستكبارا
Penting : 7 kalimah
dalam Al-Quran dimana hamzah
wasal wajib dibaca dengan baris bawah yaitu اِبن , اِبنة
, اِمرأة , اِمروء , اِثنين , اِثنتين , dan اِسم .
3) BARIS DEPAN
Hamzah wasal dibaca baris depan ketika memulakan bacaan jika huruf ketiga dalam kata suruhan/perintah berbaris hadapan. Contohnya
أُنظُر ---> An-Nisa' : 50
أُدعُوا ---> Al-A'raaf : 55
اُقتُولوا ---> Yusuf : 9
4) GUGUR / BUANG
Hamzah wasal digugurkan / dibuang ( tidak dibaca ) sekiranya
1) dibaca bersambung dengan perkataan sebelumnya. Sebagai contoh:
بسم الله الرحمن الرحيم ( 1 ) الحمد لله رب العالمين ---> Al-Fatihah : 1-2
Perkataan الحمد jika dibaca sambung akan jadi...Bismillaahirrahmaanirrahiimilhamdulillah.... Tapi sekiranya dibaca tidak sambung akan jadi Alhamdulillah...
2) Hamzah wasal dalam satu kalimah. Contohnya
وبالحاق -----> dibaca Wabilhaaq.....bukan wabi Alhaaq
3) Hamzah wasal berbaris bawah bertamu dengan hamzah istifham (persoalan).
3) BARIS DEPAN
Hamzah wasal dibaca baris depan ketika memulakan bacaan jika huruf ketiga dalam kata suruhan/perintah berbaris hadapan. Contohnya
أُنظُر ---> An-Nisa' : 50
أُدعُوا ---> Al-A'raaf : 55
اُقتُولوا ---> Yusuf : 9
4) GUGUR / BUANG
Hamzah wasal digugurkan / dibuang ( tidak dibaca ) sekiranya
1) dibaca bersambung dengan perkataan sebelumnya. Sebagai contoh:
بسم الله الرحمن الرحيم ( 1 ) الحمد لله رب العالمين ---> Al-Fatihah : 1-2
Perkataan الحمد jika dibaca sambung akan jadi...Bismillaahirrahmaanirrahiimilhamdulillah.... Tapi sekiranya dibaca tidak sambung akan jadi Alhamdulillah...
2) Hamzah wasal dalam satu kalimah. Contohnya
وبالحاق -----> dibaca Wabilhaaq.....bukan wabi Alhaaq
3) Hamzah wasal berbaris bawah bertamu dengan hamzah istifham (persoalan).
Tanwin bertemu huruf Hamzah Wasal
Contoh 1 : Surah Al-A'Raaf ayat 8
baca ""yau ma i zi NIL haq"Nampak tak tanwin bertemu hamzah wasal .Baris 2 dibawah 'zal' kena buang satu dan kemudian tambah nun baris bawah. Oleh itu bacaan dia menjadi "yau ma i zi NIL haq"Hamzah wasal itu yang di atas huruf alif tu.Makanya, bila tanwin bertemu hamzah wasal, dibaca dengan nun berbaris dibawah.
baca ""yau ma i zi NIL haq"Nampak tak tanwin bertemu hamzah wasal .Baris 2 dibawah 'zal' kena buang satu dan kemudian tambah nun baris bawah. Oleh itu bacaan dia menjadi "yau ma i zi NIL haq"Hamzah wasal itu yang di atas huruf alif tu.Makanya, bila tanwin bertemu hamzah wasal, dibaca dengan nun berbaris dibawah.
Surah Al-A'Raaf ayat 177
Bacaan dia macam ini - "ma tsa la NIL qaum"
Bacaan dia macam ini - "ma tsa la NIL qaum"
Pertemuan Dua
Sukun : juga dikenali dengan Nun Wasal atau Nun
Wiqaayah atau Nun 'Iwadh.
Berlaku ketika dua perkataan terhalang untuk diwasalkan bacaan karena terdapat dua huruf yang sukun di antara kedua
perkataan tersebut. Dua sukun ini pula mempunyai hamzah wasal di
tengah-tengahnya.
Apabila tanwin (baris dua) bertemu dengan Alif Lam ( ال ) / Hamzah Wasal ( ا ), hendaklah dipisahkan bunyi nun dari tanwin tersebut dengan membuang satu baris dari tanwin tersebut dan dikasrahkan nun tersebut.
Contoh:
Apabila tanwin (baris dua) bertemu dengan Alif Lam ( ال ) / Hamzah Wasal ( ا ), hendaklah dipisahkan bunyi nun dari tanwin tersebut dengan membuang satu baris dari tanwin tersebut dan dikasrahkan nun tersebut.
Contoh:
Al-Baqarah: 180
|
|
Ibrahim: 18
|
|
Kahf : ayat 88
|
|
An-Najm: 50
|
|
Al-Jumu’ah : 11
|
|
Pertemuan
dua sukun juga terdapat di dalam ayat-ayat berikut:
Al Baqarah:61 dan 180
|
Maryam:7 dan 61
|
Ghafir:8
|
An Nisa':171
|
AlHaj:11 (ada dua
|
Al Jatsiyah:9
|
Al A'raf:8, 158, 164
& 177
|
Al Mu'minun:38
|
Al-Qamar:50
|
At Taubah:24 & 30
|
An Nur:35
|
AlHadid:28
|
Ibrahim:18
|
Al Furqan:4 dan 26
|
AlJummuah:11
|
AlHijr: 61
|
Asy Syu'ara':105, 123
&160
|
AlQiyamah:12 & 30
|
AnNahl:27
|
Saba':31
|
AlHumazah:1-2
|
AlKahf:88
|
Ash-Shaffat:6
|
AlIkhlas:1-2
|
Hamzah
Washal yang terdapat pada kalimah Fi’il:
1. Terdapat pada Fi’il Madhi dan Fi’il Amar dari
fi’il 5 huruf atau 6 huruf (Khumasiy dan Sudasiy)
LIHAT TABEL NO. 1:
LIHAT TABEL NO. 1:
HAMZAH WASHAL TABLE NO. 1, Fi’il
Madhi, Fi’il Amar dan Isim Masdar dari bangsa 5-6 huruf.
ISIM
MASDAR KHUMASI
|
FI’IL AMAR KHUMASI
|
FI’IL MADHI KHUMASI
|
انْكِسَارَاً
|
اِنْكَسِرْ
|
انْكَسَرَ
|
اجْتِمَاعَاً
|
اِجْتَمِعْ
|
اجْتَمَعَ
|
احْمِرَارَاً
|
اِحْمَرَّ
|
احْمَرَّ
|
ISIM
MASDAR SUDASI
|
FI’IL AMAR SUDASI
|
FI’IL MADHI SUDASI
|
اسْتِخْرَاجَاً
|
اِسْتَخْرِجْ
|
اسْتَخْرَجَ
|
اعْشِيْشَابَاً
|
اِعْشَوْشَبْ
|
اعْشَوْشَبَ
|
اجْلَوَّاذاً
|
اِجْلَوَّذْ
|
اجَلَوَّذَ
|
احْمِيرَارَاً
|
اِحْمَارَّ
|
احْمَارَّ
|
احْرِنْجَامَاً
|
اِحْرَنْجَمْ
|
احْرَنْجَمَ
|
اقْشِعْرَارَاً
|
اِقْشَعِرَّ
|
اقْشَعَرَّ
|
2. Terdapat pada Fi’il Amar dari
fi’il 3 huruf
LIHAT TABEL NO. 2:
LIHAT TABEL NO. 2:
HAMZAH WASHAL TABLE NO. 2,
Fi’il Amar dari Tsulatsi
FI’IL AMAR TSULATSI
|
FI’IL AMAR TSULATSI
|
FI’IL AMAR TSULATSI
|
اِفْتَحْ
|
إِضْرِبْ
|
اُنْصُرْ
|
اِحْسِبْ
|
اُحْسُنْ
|
اِعْلَمْ
|
Hamzah
Washal yang terdapat pada kalimah Isim :
1. Terdapat
pada kalimah isim Masdar dari fi’il 5 huruf atau 6 huruf
LIHAT TABEL NO. 1:
LIHAT TABEL NO. 1:
2. Terdapat pada kalimah isim sepuluh atau sebutan
al-Asmaul-‘Asyarah ( الأسماء العشرة ).
LIHAT TABEL NO. 3:
LIHAT TABEL NO. 3:
HAMZAH WASHAL TABLE NO. 3, Al-Asma ‘Asyarah/Isim Sepuluh
ASMA’
ASYARAH
|
ASMA’ ASYARAH
|
ASMA’ ASYARAH
|
امْرَأَةٌ
|
اِمْرُؤُ
|
اِبْنٌ
|
اِثْنَيْنِ
|
اِسْمٌ
|
اِبْنَةٌ
|
اِثْنَتَيْنِ
|
اِسْتٌ
|
ابْنُمُ
|
ايْمُنُ الله
|
×
|
×
|
Hamzah
Washal yang terdapat pada kalimah Huruf:
1.
Hanya
terdapat pada satu Kalimah Huruf yaitu AL (ال) yang berfungsi mema’rifatkan Isim Nakirah ataupun
AL zaidah.
LIHAT TABEL NO. 4:
LIHAT TABEL NO. 4:
HAMZAH WASHAL TABLE NO. 4,
Huruf AL = ال
AL MA’RIFAT
|
AL GHALABAH
|
AL ZAIDAH
|
اَلرَّجُلُ
|
اَلْمَدِيْنَةُ
|
اَلَّذِيْ
|
اَلْمُؤْمِن
|
اَلْعَقَبَة
|
اَلآنَ
|
B.
PENGERTIAN HAMZAH QATHA’
Hamzah Qatha’
berupa Hamzah yang selalu diucapkan dengan berharakah
fathah, dhammah atau kasrah. Tidak gugur pengucapannya baik di awal permulaan
kalimat atau ditengah-tengah kalimat. Dan tidak gugur sekalipun berada diantara
dua kalimah yang tersambung. tertulis di atas Alif bilamana berharakah fathah atau dhammah, dan dibawah Alif bilamana berharkah
kasrah.
Bentuknya seperti bentuk kepala Ain (ء).
Hamzah Qatha’ terdapat pada selain kategori kalimah-kalimah yang telah
disebutkan diatas sebagai Hamzah washal. baik pada kalimah Fi’il, Kalimah Isim dan Kalimah Huruf.
Contoh :
أَضآءَت Al-Baqarah : 17 --------> hamzah di awal kalimah
وَمِنَ الإِبِلِ Al-An'aam : 144 ------> hamzah di tengah kalimah
قُرِئَ Al-A'raaf : 204 --------> hamzah di akhir kalimah
أَضآءَت Al-Baqarah : 17 --------> hamzah di awal kalimah
وَمِنَ الإِبِلِ Al-An'aam : 144 ------> hamzah di tengah kalimah
قُرِئَ Al-A'raaf : 204 --------> hamzah di akhir kalimah
Hamzah
Qatha’ yang terdapat pada kalimah Fi’il:
1.
Terdapat
pada Fi’il Madhi 4 huruf yang berwazan أَفْعَلَ
Fi’il Madhi dan Fi’il Amar Tsulatsi Ruba’i wazan أَفْعَلَ dan semua Fi’il Mudhari’ dg tanda Mutakallim : LIHAT TABEL NO. 5
Fi’il Madhi dan Fi’il Amar Tsulatsi Ruba’i wazan أَفْعَلَ dan semua Fi’il Mudhari’ dg tanda Mutakallim : LIHAT TABEL NO. 5
FI’IL AMAR RUBA’I
|
SEMUA FI’IL MUDHARI’ DG HAMZAH MUDHARA’AH
|
FI’IL MADHI RUBA’I
|
أَكْرِمْ
|
أَفْتَحُ –
أُكْرِمُ – أَتَعَلَّمُ – أَسْتَخْرِجُ
|
أَكْرَمَ
|
2.
Terdapat
pada Fi’il Mudhari’ yang diawali Hamzah Mudhara’ah (tanda mutakallim/orang
pertama tunggal)
LIHAT TABEL NO. 5:
LIHAT TABEL NO. 5:
3. Terdapat pada Fi’il Amar 4 huruf yang
berwazan أَفْعَلَ
LIHAT TABEL NO. 5:
LIHAT TABEL NO. 5:
4. Terdapat pada Fi’il Madhi Tsulatsi Bina’
Mahmuz (bisa dilihat di page belajar i’lal subpage bentuk bina’)
LIHAT TABEL NO. 6:
LIHAT TABEL NO. 6:
HAMZAH QATHA, Fi’il Tsulatsi Bina’ Mahmuz
FI’IL MADHI TSULATSI MAHMUZ
|
FI’IL MADHI TSULATSI MAHMUZ
|
FI’IL MADHI TSULATSI MAHMUZ
|
أَدَمَ
|
أَخَذَ
|
أَمَرَ
|
أَثَرَ
|
أَثِمَ
|
أَدُبَ
|
Hamzah
Qatha’ yang terdapat pada kalimah Huruf:
1. Semua Kalimah Huruf yang berawalan Hamzah tentunya Hamzah
Qatha’, kecuali huruf “AL” pema’rifat.
LIHAT TABEL
NO. 7:
HAMZAH QATHA, Semua kalimah Huruf selain ال
KALIMAH HURUF
|
KALIMAH HURUF
|
KALIMAH HURUF
|
KALIMAH HURUF
|
KALIMAH HURUF
|
إِلاَّ
|
إِلَى
|
إِذْ
|
إِذَنْ
|
إِذْماَ
|
أَوْ
|
إِنَّ
|
إِنْ
|
أَماَ
|
أَمْ
|
Hamzah
Qataha’ yang terdapat pada kalimah Isim :
1. Semua
kalimah Isim yang berawalah Hamzah , tentunya Hamzah Qatha’, selain
pada “Isim yg sepuluh” dan “Isim Masdar dari kalimah Fi’il Khumasi dan Sudasi”
LIHAT TABEL NO. 8:
LIHAT TABEL NO. 8:
HAMZAH QATHA , Semua kalimah Isim Zhahir, Isim Dhamir dan Idza Syarat.
Selain hamzah Isim sepuluh dan Masdar Khumasi dan Sudasi (dari Fi’il bangsa 5-6
Huruf).
IDZA SYARAT
|
ISIM DHAMIR
|
ISIM DHAMIR
|
ISIM ZHAHIR
|
ISIM ZHAHIR
|
إذَا
|
أنْتَ
|
أنَا
|
أَحْمَدُ
|
إبرَاهِيْمُ
|
Pengertian Al syamsiyah dan Al Qamariyah
C.
PENGERTIAN AL
SYAMSIYAH
1.
Al”
Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai dengan kata benda (isim)
yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyah. Syamsiah artinya seperti
matahari
2. Jumlah huruf syamsiyah ada 14 huruf, yaitu huruf-huruf
hijaiyah selain huruf-huruf qamariyah (seperti di bawah), yakni ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل.
3. Cara membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan
(mengidghamkan) “Al” (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam
sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena
membacanya dengan diidghamkan, maka hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga
disebut dengan Idgham Syamsiyah
( إِدْغَامْ شَمْسِيَّةْ
)
contoh bacaan Al Syamsyiah
No.
|
Tertulis
|
Dibaca
|
Keterangan
|
||
1.
|
اَلطَّآمَّةُ
|
اَطْ طَاآمَّةُ
|
اَلْ
|
ط
|
|
2.
|
اَلثَّاقِبُ
|
اَثْ ثَاقِبُ
|
اَلْ
|
ث
|
|
3.
|
اَلصَّبُوْرُ
|
اَصْ صَبُوْرُ
|
اَلْ
|
ص
|
|
4.
|
اَلرَّحِيْمُ
|
اَرْ رَحِيْمُ
|
اَلْ
|
ر
|
|
5.
|
اَلتَّوَّابُ
|
اَتْ تَوَّابُ
|
اَلْ
|
ت
|
|
6.
|
اَلضُّحىٰ
|
اَضْ ضُحىٰ
|
اَلْ
|
ض
|
|
7.
|
اَلذِّكْرُ
|
اَذْ ذِكْرُ
|
اَلْ
|
ذ
|
|
8.
|
اَلنَّعِيْمُ
|
اَنْ نَعِيْمُ
|
اَلْ
|
ن
|
|
9.
|
اَلدَّاعِىْ
|
اَدْ دَاعِىْ
|
اَلْ
|
د
|
|
10.
|
اَلسَّمِيْعُ
|
اَسْ سَمِيْعُ
|
اَلْ
|
س
|
|
11.
|
اَلظِّلُّ
|
اَظْ ظِلُّ
|
اَلْ
|
ظ
|
|
12.
|
اَلزُّوْرُ
|
اَزْ زُوْرُ
|
اَلْ
|
ز
|
|
13.
|
اَلشَّكُوْرُ
|
اَشْ شَكُوْرُ
|
اَلْ
|
ش
|
|
14.
|
اَللَّيْلُ
|
اَلْ لَيْلُ
|
اَلْ
|
ل
|
D.
PENGERTIAN AL
QAMARIYAH
1. Al” Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan
kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah.
Qamariyah artinya seperti Bulan
- Jumlah huruf qamariyah ada 14 huruf, seperti terangkum dalam rangkaian huruf atau kalimat: yaitu huruf-huruf ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه ).
- Cara membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ).
Contoh-contoh bacaan “Al” Qamariyah .
No.
|
Tertulis
|
Dibaca
|
Keterangan
|
||
1.
|
اْلاَحَدُ
|
اَلْ اَحَدُ
|
اَلْ
|
أ
|
|
2.
|
اْلبَصِيْرُ
|
اَلْ بَصِيْرُ
|
اَل
|
ب
|
|
3.
|
اْلغَفُوْرُ
|
اَلْ غَفُوْرُ
|
اَلْ
|
غ
|
|
4.
|
اْلحَلِيْمُ
|
اَلْ حَلِيْمُ
|
اَلْ
|
ح
|
|
5.
|
اْلجَحِيْمُ
|
اَلْ
جَحِيْمُ
|
اَلْ
|
ج
|
|
6.
|
اْلكَرِيْمُ
|
اَلْ
كَرِيْمُ
|
اَلْ
|
ك
|
|
7.
|
اْلوَدُوْدُ
|
اَلْ
وَدُوْدُ
|
اَلْ
|
و
|
|
8.
|
اْلخَبِيْرُ
|
اَلْ
خَبِيْرُ
|
اَلْ
|
خ
|
|
9.
|
اْلفَتَّاحُ
|
اَلْ
فَتَّاحُ
|
اَلْ
|
ف
|
|
10.
|
اْلعَلِيْمُ
|
اَلْ
عَلِيْمُ
|
اَلْ
|
ع
|
|
11.
|
اْلقَدِيْرُ
|
اَلْ
قَدِيْرُ
|
اَلْ
|
ق
|
|
12.
|
اْليَوْمُ
|
اَلْ
يَوْمُ
|
اَلْ
|
ي
|
|
13.
|
اْلمُؤْمِنُ
|
اَلْ
مُؤْمِنُ
|
اَلْ
|
م
|
|
14.
|
اْلهَادِىْ
|
اَلْ
هَادِىْ
|
اَلْ
|
ه
|
Perbedaan Alif Lam Syamsiah dan Alif
Lam Qomariah
No
|
Alif Lam Syamsiah
|
Alif Lam Qomariyah
|
1
|
Pada alif Lam syamsiah terdapat tanda tasyidَّ
|
Pada alif lam Qomariyah terdapat tanda sukun / mati
ْ
|
2
|
Huruf اَلْ pada Alif lam
Syamsiah tdk dibaca al melainkan lebur kedalam huruf didepanya
|
Huruf l اَلْ pada Al Qomariyah
dibaca al ( jelas al nya )
|
3
|
Didepan Huruf اَلْ terdapat huruf
syamsiah
|
Didepan Huruf اَلْ terdapat huruf al
qomariyah
|
4
|
Hurufnya ada 14 yaitu ط ث ص ر ت ض ذ ن د
س ظ ز ش ل
|
Hurufnya ada 14 yaitu ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه
|
Membedakan Penulisan Ta Marbuthah , Ta Maftûhah dan Ta’ Ta’nits (ت )
E.
Ta’ Panjang ( merupakan Ta’ dalam bentuk panjang tetap
dibaca dia waqaf dengan harakat sukun).
- Ta’ maftûhah (ت)
Disebut
maftûhah (terbuka) karena bentuknya terbuka. Ta’ maftûhah (ت) atau disebut juga ta mabsûthah . Ta’ maftûhah (ت) dibaca dan ditulis dalam bentuk huruf aslinya. “Ta” ini
menerima syakal fathah, kasrah, dhammah dan sukun.
Ta’ maftûhah (ت)
terdapat pada tempat-tempat sebagaimana berikut:
a) Terdapat diakhir fi’il (kata kerja).
Ada yang memang asli
dari kata dasarnya, seperti; بَاتَ, مَاتَ , ada sebagai tanda ta’nits,
seperti; كَتَبَتْ, جَلَسَتْ, أَكَلَتْ ( pada Fi’il
Madhi )
dan ada pula “ta’ ” pengganti
fa’il (pelaku), seperti; سَافَرْتُ, رَسَمْتَ, اِسْتَحْمَمْتِ (pada Fi’il Madhi).
b) Diakhir semua jama’ muannats salim, seperti;
مُعَلِّمَاتٌ, طَالِبَاتٌ, صَائِمَاتٌ , مُسْلِمَاتٌ
c)
Diakhir isim tsulatsi yang sukun ditengahnya dan bentuk jama’nya, seperti;
بَيْتٌ – اَبْيَاتٌ, قُوْتٌ-اَقْوَاتٌ, حُوْتٌ-اَحْوَاتٌ, صَوْتٌ-اَصْوَاتٌ,
مَيْتٌ اَمْوَاتٌ.
d)
Diakhir isim mufrad mudzakkar, seperti;
نحّات , حوّات , عتليت, عصمت , جودت , رفعت , رأفت.
e)
Diakhir sebagian huruf, seperti;
ليت , لات , ثُمّت , ثَمّت , ربّت , لعلّت
f) Diakhir dhamîr mufrad munfashil dan mufrad mu’nnats mukhatab, seperti;
اَنْتَ, اَنْتِ
g)
Jamak taksir pada isim yang mengandung Ta’ pada bentuk mufradnya
Misal : وَقَتَ
F.
Ta’ marbûthah (ة/ـة )
Disebut
marbuthah (terikat) karena bentuknya seperti tali yang diikatka.”Ta” marbuthah
(ة/ـة )
dibaca ’ta’ ketika berharakat ketika bersambung dan dibaca ـه (ha) ketika waqaf (berhenti), seperti; مكة
المكرمة
Ta’ ini menerima harakat fathah,
kasrah dan dhammah.
Ta’ ” marbuthah (ة/ـة
) terdapat pada tempat-tempat sebagai berikut:
a) Diakhir jama’ taksîr yang bentuk mufradnya tidak berakhiran “ta’ ”, seperti;
عراة , سعاة , قضاة, هداة.
b) Diakhir sebagian nama-nama laki-laki,
seperti;
معاوية, عبيدة , عميرة, حمزة ,
أسامة , عطية .
c)
Diakhir sebagian nama non Arab, seperti;
الإسكندرية , الإبراهيمية , سومطرة
, أفريقية , أنقرة, البيزنطية , الرومية , اليونانية.
d)
Sebagian kata yang diperbolehkan waqaf (berhenti) padanya, seperti;
ثمة- وثمت ، ولاة –ولات
Ta’
Marbuthah yang
disambung dengan dhomir:
Contoh: أُسْتَاذَتُهاُ أُسْتَاذَةٌ + هَا
(
mufrad)
Berubah ( ت )
(
jamak ) أُسْتَاذَاتُهَا
أُسْتَاذَاتُهَا
Ta’
ini asli
G. Ta’ Ta’nits (ت
)
Ta’ Ta’nits ( ت ) yang didahului padanan Alif = “ات”, yang merupakan Jama' Mu`annats Salim (bentuk plural feminin) dari kata-kata
yang beridentitas diatas {Ta’ Marbuthah ( ة
) dan Alif Ta’nits Maqshurah ( َى
)}, dan jika dibaca waqaf atau sukun, maka akan terdengar ponetik
huruf “t” seperti: جنات (Jannat), مسلمات (Muslimat), محجّبات
(Muhajjabat), ذكريات (Dzikrayat) dll.
Adapun untuk kata yang tidak didapati ketiga ciri diatas, maka jelas berarti maskulin, seperti سعيد (Sa`id), شافعيّ(Syafi`i), مسلم (Muslim), ذكر (Dzikr), محمد (Muhammad) dll.
Khusus buat point ke dua ama ke tiga, terdapat kriteria-kriteria khusus untuk mengidentifikasinya. Pembahasannya lumayan panjang ‘n agak meribetkan.
Terlepas dari kriteria poin dua dan tiga, dijumpai pengecualian atau mungkin bisa disebut fenomena bahasa, yaitu, ada kata feminin secara harfiyah, namun maskulin secara makna. Begitupun sebalinya. Supaya lebih jelas lagi, dalam buku “Rijalun Hawlar-Rasul” plus “Sahabiyat Hawlar-Rasul” karya sejarawan Khalid M. Khalid ama “Sirah Nabawiyah” Ibnu Hisyam bisa ditemuin nama-nama tokoh seperti: طلحة (Thalhah), حمزة (Hamzah), عبيدة (Ubaidah), رواحة (Rawahah). مسيلمة (Musailamah), المغيرة (Al-Mughirah), قتدة (Qatadah), أسامة (Usamah), هند (Hindun), زينب (Zaynab), سعاد (Su`ad), مريم (Maryam) dll. Juga kata sifat atau kata keterangan seperti: حائض (Ha`idh), طالق (Thaliq) dll.
Kalo di urai, secara diktif, kata حمزة (Hamzah) mempunyai ciri feminin, yaitu Ta’ Marbuthah ( ة ), namun secara maknawi kata tersebut merupakan nama bagi seorang Sahabat Rasul Saw. yang mendapat julukan Sayyidusy-syuhada(Pemimpin orang yang mati syahid); ialah paman Rasul Saw. yang syahid padaMa'rakah Uhud. Fenomena seperti ini dalam gramatikal arab di sebut Sima`i(Auditik).
Pun kata حائض (Ha`idh) yang berarti menstruasi, gak nampak alamat feminitasnya. ia merupakan kata yang biasa disandarkan pada kaum hawa yang udah balig, dan dalam kaidah bahasa arab, kata tersebut semestinya diakhiri dengan Ta’ Marbuthah ( ة ). Dalam dunia linguistik, kata-kata seperti Hindun, Zaynab, di atas di sebut Mu`annats Majazi (Feminitas implitis).
Intinya, jika hanya berpatokan pada grammar, bisa-bisa setiap kata yang mengandung Ta’ Marbuthah ( ة ) diklasifikasikan ke dalam kategori feminin dan yang nggak mengandung Ta’ Marbuthah ( ة ) adalah maskulin. Tapi, fenomena seperti ini sedikit dijumpai.
Adapun untuk kata yang tidak didapati ketiga ciri diatas, maka jelas berarti maskulin, seperti سعيد (Sa`id), شافعيّ(Syafi`i), مسلم (Muslim), ذكر (Dzikr), محمد (Muhammad) dll.
Khusus buat point ke dua ama ke tiga, terdapat kriteria-kriteria khusus untuk mengidentifikasinya. Pembahasannya lumayan panjang ‘n agak meribetkan.
Terlepas dari kriteria poin dua dan tiga, dijumpai pengecualian atau mungkin bisa disebut fenomena bahasa, yaitu, ada kata feminin secara harfiyah, namun maskulin secara makna. Begitupun sebalinya. Supaya lebih jelas lagi, dalam buku “Rijalun Hawlar-Rasul” plus “Sahabiyat Hawlar-Rasul” karya sejarawan Khalid M. Khalid ama “Sirah Nabawiyah” Ibnu Hisyam bisa ditemuin nama-nama tokoh seperti: طلحة (Thalhah), حمزة (Hamzah), عبيدة (Ubaidah), رواحة (Rawahah). مسيلمة (Musailamah), المغيرة (Al-Mughirah), قتدة (Qatadah), أسامة (Usamah), هند (Hindun), زينب (Zaynab), سعاد (Su`ad), مريم (Maryam) dll. Juga kata sifat atau kata keterangan seperti: حائض (Ha`idh), طالق (Thaliq) dll.
Kalo di urai, secara diktif, kata حمزة (Hamzah) mempunyai ciri feminin, yaitu Ta’ Marbuthah ( ة ), namun secara maknawi kata tersebut merupakan nama bagi seorang Sahabat Rasul Saw. yang mendapat julukan Sayyidusy-syuhada(Pemimpin orang yang mati syahid); ialah paman Rasul Saw. yang syahid padaMa'rakah Uhud. Fenomena seperti ini dalam gramatikal arab di sebut Sima`i(Auditik).
Pun kata حائض (Ha`idh) yang berarti menstruasi, gak nampak alamat feminitasnya. ia merupakan kata yang biasa disandarkan pada kaum hawa yang udah balig, dan dalam kaidah bahasa arab, kata tersebut semestinya diakhiri dengan Ta’ Marbuthah ( ة ). Dalam dunia linguistik, kata-kata seperti Hindun, Zaynab, di atas di sebut Mu`annats Majazi (Feminitas implitis).
Intinya, jika hanya berpatokan pada grammar, bisa-bisa setiap kata yang mengandung Ta’ Marbuthah ( ة ) diklasifikasikan ke dalam kategori feminin dan yang nggak mengandung Ta’ Marbuthah ( ة ) adalah maskulin. Tapi, fenomena seperti ini sedikit dijumpai.
H.
Beda
Ta’ Marbuthah, Maftuuhah, dan Ha’ ghaibah :
1.
Ta’ Marbuthoh
: Ta’ yang dibaca Ha’ ketika waqaf dan bisa menerima tanwin.
2.
Ta’ Maftuuhah
: Ta’ yang dibaca dengan suara Ta’ ketika diwaqaf dan tertulis denga Ta’
Panjang.
3.
Ha’ Ghaibah : Ha’ yangdibaca dengan suara Ha’ ketika
diwaqaf dan tertulis dengan Ha’ dan tidak bisa menerima Tanwin.
Contoh : بَيْنَهُ
dhomir
I.
Menghindari Kesalahan Penulisan Tanwîn Nashab
Tanwîn
adalah nun mati ziyâdah (tambahan) yang
dimasukkan di akhir isim hanya dalam pelafalan saja, tidak dalam bentuk
tulisan. (al-Ghalayani: 1986, hal. 10 Juz I). Sebagai pengganti nun mati
tersebut diganti dengan tanda dua fathah (ــً) pada posisi manshûb ,
dua tanda dhammah (ــٌ) pada posisi
marfû’ dan a dua tanda kasrah (ــٍ ) pada posisi majrûr.
Contohnya
seperti;
تنوين
الكسر
|
تنوين
الضم
|
تنوين
النصب
|
محمد
|
محمدٌ
|
محمدًًا
|
علىٍ
|
علىٌ
|
عليًا
|
كتابٍ
|
كتابٌ
|
كتابًا
|
سالمٍ
|
سالمٌ
|
سالمًا
|
منزلٍ
|
منزلٌ
|
منزلاً
|
جبلٍ
|
جبلٌ
|
جبلاً
|
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan tanwin
nashab:
1) Apabila sebuah kata diakhiri dengan ta’ marbûthah, penulisan tanwin nashab tidak menambah alif di akhir kata. Tanwîn cukup di tulis di akhir kata tersebut, misalnya;
أعطاني والدي هديةً قيمةً
واشترى أخي كراسةً جميلةً
2) Apabila sebuah kata berakhiran
alif Maqshûrah baik dalam bentuk “alif” (ا ) maupun “ya ” (ى), tanwîn langsung ditulis diatas alif, seperti;
حملت
عصاً , ومشيت خطاً , وكلمت فتىً , ولم تضع جهودهم سدىً.
3)
Tanwîn nashab ditulis diatas alif
ziyâdah (tambahan). Contohnya;
مكثت في مكة أسبوعًا,
ويملك والدي بيتًا واسعًا ,
زرت بلدًا بعيدًا , وكان عملك إنجازًا كبيرًا.
Membedakan Penulisan Alif Maqshûrah dan Alif Mamdûdah
Penulisan alif diakhir kata sering
terjadi kesalahan, karena alif tersebut dari segi pengucapan sama tetapi dari
segi penulisan berbeda. Ada yang ditulis dalam bentuk alif (ا )sebagaimana lazimnya, ada yang ditulis dalam bentuk ya ( ى ) dan adapula dalam bentuk (اء ). Banyak terjadi kesalahan karena ketiga-tiganya sama-sama
terdengar dalam bentuk suara ‘A’.
Dalam hal ini, Saudara hendaknya dapat membedakan penulisan
alif tersebut dengan cara mengetahui kapan alif ditulis dalam bentuk (ا ) dan kapan pula ditulis dalam bentuk ya ( ى ).
1) Penulisan Alif Maqshûrah
Alif maqsûrah adalah alif yang
terdapat diakhir isim mu’rab (yang menerima i’rab) . Alif ini tidak asli, ada
karena perubahan dari و seperti
عصا , perubahan dari ي seperti فتى dan adapula tambahan
untuk penanda ta’nits seperti حبلى, ذكرى, عطشى . (al-Ghalayani : 1986,
hal. 102, Juz I)
Cara penulisan alif Maqshûrah;
a) Apabila terdapat “alif” pada huruf yang keempat atau
lebih diakhir kata isim (kata benda) dan fi’il (kata kerja), ditulis dalam
bentuk ya ( ى ) tanpa titik,
seperti;
يحيى , يسعى ، تولى , استعلى , كبرى , منتدى , مستشفى
استقوى,ـ أعطى, أغنى , منتهى , مرتضى , ليلى , ذكرى
Tanpa memandang apakah ia berasal
dari “ya” atau “alif”. Sementara apabila sebelumnya huruf ‘ya”, maka ditulis
dalam bentuk “alif”, seperti ;
دنيا ـ يحيا ـ خطايا ـ استحيا.
b) Apabila “alif”
tersebut datang pada huruf ketiga, terlebih dahulu dilihat asalnya. Alif yang asalnya dari “waw” (و ) atau tidak jelas asalnya, maka ditulis dalam bentuk “alif”.
Seperti:
عصا , ذرا , خطا , غزا , دنا , مشى , هدى , سعى , جرى
عدا, دعا, عفا , علا , ذرا
c)
Apabila berasal dari ”ya”; maka ditulis dalam bentuk
“ya” tanpa titik, seperti;
قضى, فتى , رحى , رمى , مُدى
Untuk mengetahui asal alif tersebut, dapat dilakukan dengan men
“tatsniyah” kan (dibuat kedalam bentuk dua) apabila dalam bentuk mufrad
(tunggal) , misalnya :
عصا - رحى ، عصوان – رحيان
Sementara apabila dalam bentuk jama’,
dikembalikan kepada bentuk mufrad, seperti;
ذرا - مُدى ، ذروة - خطا ، مدية – خطوة
Apabila
dalam bentuk fi’il, dapat diubah kepada bentuk fi’il mudhâri’, seperti;
غزا - يغزو ، دعا - يدعو ، رمى - يرمى
2) Penulisan Alif mamdûdah
Alif mamdûdah adalah alif tambahan
pada isim (kata benda) seperti السماء, الصحراء . Alif mamdûdah ada
yang berasal dari “waw” seperti سماء berasal dari سماو . ada yang berasal dari
“ya” بناَّء, مشَّاء berasal dari بنايٌ , مشايٌ. Ada juga tambahan sebagai pertanda untuk ta’nits (pr)
seperti حسناء , حمراء .
Macam tanwin تنوين
Tanda Kalimat Isim yang kedua
adalah Tanwin. Tanwin adalah masdar dari Lafadz Nawwana yang
artinya memberi Nun secara bunyinya bukan tulisannya. Sebagai tanda baca yang
biasanya ditulis dobel ( اً-اٍ-اٌ ). Di dalam Ilmu
Nahwu, Tanwin terbagi empat macam:
1. Tanwin Tamkin: yaitu Tanwin standar yang pantas disematkan kepada
Kalimat-kalimat Isim yang Mu’rab selain Jamak Mu’annats Salim dan Isim yang
seperti lafadz جوار dan غواش (ada pembagian khusus). Contoh: زيد dan رجل di dalam contoh:
جَاءَ زَيْدٌ هُوَ رَجُلٌ
(Zaid telah datang dia seorang laki-laki)
2. Tanwin Tankir: yaitu Tanwin penakirah yang pantas disematkan kepada
Kalimat-kalimat Isim Mabni sebagai pembeda antara Ma’rifahnya dan Nakirahnya.
Seperti Sibawaeh sang Imam Nahwu (yang Makrifah) dengan Sibawaeh yang lain
(yang Nakirah). Contoh:
مَرَرْتُ بِسِبَوَيْهِ وَبِسِبَوَيْهٍ آخَرَ
( Aku
telah berjumpa dengan Sibawaeh (yang Imam Nahwu) dan Sibawaeh yang lain).
3. Tanwin Muqabalah: yaitu Tanwin hadapan yang pantas disematkan kepada
Isim Jamak Mu’annats Salim (Jamak Salim untuk perempuan). Karena statusnya
sebagai hadapan Nun dari Jamak Mudzakkar Salimnya (Jamak Salim untuk
laki-laki). Contoh:
أفْلَحَ مُسْلِمُوْنَ وَمُسْلِمَاتٌ
( Muslimin dan Muslimat telah
beruntung).
4. Tanwin ‘Iwadh: atau Tanwin Pengganti, ada tiga macam:
Ø Tanwin Pengganti Jumlah: yaitu Tanwin yang pantas disematkan kepada Lafadz إذ sebagai pengganti dari Jumlah sesudahnya.
Contoh Firman Allah:
وَأنْتُمْ حِيْنَئِذٍ تَنْظًرُوْنَ
(
Kalian ketika itu sedang meliha).
Maksudnya ketika nyawa sampai di kerongkongan. Jumlah
kalimat ini dihilangkan dengan mendatangkan Tanwin sebagai penggantinya.
Ø Tanwin Pengganti Kalimah Isim: yaitu Tanwin yang pantas disematkan kepada Lafadz كل sebagai pengganti dari Mudhaf
Ilaihnya. Contoh: كَلٌّ قَائِمٌ
(Semua dapat berdiri).
Maksudnya Semua manusia dapat berdiri. Kata manusia sebagai
Mudhaf Iliahnya dihilangkan dan didatangkanlah Tanwin sebagai penggantinya.
Ø Tanwin Pengganti Huruf: yaitu Tanwin yang pantas disematkan kepada lafadz جوار dan غواش dan
lain-lain sejenisnya, pada keadaan I’rab Rafa’ dan Jarrnya. Contoh:
هَؤُلاَءِ جَوَارٍ. وَمَرَرْتُ بِجَوَارٍ
( Mereka
itu anak-anak muda. Aku berjumpa dengan anak-anak muda).
Pada
kedua lafadz جوار asal
bentuknya جواري kemudian
Huruf Ya’ nya dibuang didatangkanlah Tanwin sebagai penggantinya.
Pembagian
macam-macam Tanwin yang telah disebutkan di atas, merupakan Tanwin yang khusus
untuk tanda Kalimat Isim. Itulah yang dimaksudkan dari kata Tanwin dalam Bait
tsb, yaitu Tanwin Tamkin, Tanwin Tankir, Tanwin Muqabalah dan Tanwin ‘Iwadh.
Adapun
Tanwin Tarannum/Taronnum dan Tanwin Ghali, yaitu Tanwin yang pantas disematkan
kepada Qofiyah atau kesamaan bunyi huruf akhir dalam bait-bait syair Bahasa
Arab. Tidak dikhususkan untuk Kalimat Isim saja, tapi bisa digunakan untuk
Kalimat Fi’il dan juga untuk Kalimat Harf.
Ta’ Fail
Ta’ dalam contoh فَعَلْتَ dimaksudkan adalah Ta’ Fail mancakup:
·
Ta’ Fail untuk Mutakallim, Ta’ berharkat Dhommah
contoh:
ضَرَبْتُ زَيْداً
Aku
memukul Zaid.
·
Ta’
Fail untuk Mukhatab, Ta’ berharkat Fathah contoh:
ضَرَبْتَ زَيْداً
Engkau
(seorang laki-laki) memukul Zaid.
·
Ta’
Fail untuk Mukhatabah, Ta’ berharkat Kasroh contoh:
ضَرَبْتِ زَيْداً
Engkau
(seorang perempuan ) memukul Zaid.
Ta’ Ta’nits Sukun
Ta’ dalam contoh lafadz اَتَتْ Maksudnya adalah Ta’ Ta’nits yang Sukun.
Contoh:
ضَرَبَتْ زَيْداً
Dia
(seorang perempuan) memukul Zaid.
Menyebut Ta’ Ta’nits Sukun untuk
membedakan dengan Ta’ Ta’nits yang tidak sukun yang bisa masuk kepada Kalimat
Isim dan Kalimat Hururf
·
Bisa
masuk pada Kalimat Isim contoh:
هِيَ مُسْلِمَةٌ
Dia
seorang Muslimah.
·
Bisa
masuk kepada kalimat Huruf contoh:
وَلاَتَ حِينَ مَنَاصٍ
Ketika
itu tidak ada tempat pelarian.
Ya’ Fa’il
Ya’ dalam contoh lafadz افْعَلِيْ dimaksudkan adalah Ya’ Fail mancakup:
·
Ya’
Fa’il pada Fi’il Amar. Contoh:
اضْرِبِيْ
Pukullah
wahai seorang perempuan!
·
Ya’
Fa’il pada Fi’il Mudhori’, contoh:
تَضْرِبِيْنَ زَيْداً
Engkau
(seorang perempuan) akan memukul Zaid.
Menyebut Ya’ If’aliy atau Ya’ Fail, dan
tidak menyebut Ya’ Dhomir dikarenakan termasuk Ya’ Dhomir Mutakallim yang tidak
Khusus masuk kepada Fi’il tapi bisa masuk kepada semua Kalimat contoh:
سَأَلَنِيْ اِبْنِيْ عَنِّيْ
Anakku
menanyaiku tentang aku.
Nun Taukid
Nun
dalam contoh lafadz أقْبِلَنَّ dimaksudkan
adalah Nun Taukid mancakup:
·
Nun Taukid Khofifah tanpa Tansydid contoh:
لَنَسْفَعَنْ بِالنَّاصِيَةِ
Sungguh
akan Kami tarik ubun-ubunnya.
·
Nun
Taukid Tsaqilah memakai Tansydid contoh:
لَنُخْرِجَنَّكَ يَا شُعَيْبُ
Sunggah
kami akan mengeluarkanmu wahai Syu’aib.
Semoga ini bermanfaat untuk kita semua dalam memperdalam pengetahuan kita dan wahai saudaraku mohon koreksinya demi kemajuan kita bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar